Madsoni,M.Pd
Dewan Pendidikan Kab. Tangerang

Pendidikan adalah suatu hal yang menjadi dasar untuk mencapai suatu kualitas generasi penerus bangsa. Sehubungan dengan hal itu, maka kedudukan pendidikan merupakan hal yang sangat penting, tanpa pendidikan kemajuan kualitas generasi bangsa akan terasa kurang. Tidak ada negara maju yang tidak menitik beratkan pada sektor pendidikan dalam upaya untuk memajukan negaranya. Pendidikan telah memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas suatu bangsa di negara maju.

Untuk memberantas kebodohan, pendidikan di sekolah memegang peranan penting. Karena dangkalnya wawasan yang dimiliki akan menjadi sumber dari suatu kebodohan. Wajar sekali jika generasi muda harus memerangi musuh yang sebenarnya jika tidak ingin tertinggal. Anak-anak yang pada awalnya tidak tahu apa-apa akan belajar lebih banyak dan memperluas wawasan mereka sebagai hasil dari bersekolah. Pada akhirnya, hal ini akan membantu pengembangan generasi unggul pemimpin masa depan bangsa yang ahli di berbagai bidang.

Pendidikan juga bisa didefinisikan sebagai proses pembelajaran secara pengetahuan ataupun keterampilan yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pendidikan bisa dilakukan sejak dari kecil sampai kita tua. Pendidikan dipandang penting oleh banyak orang, tetapi pendidikan juga dianggap tidak penting oleh banyak orang.

Masyarakat harus memiliki satu persepsi, satu langkah, dan satu tujuan bagaimana meningkatkan mutu pendidikan. Dengan rasa kepedulian tersebut, masyarakat akan mampu mengatasi berbagai kendala dan tidak ragu-ragu bagaimana mulai mencari solusi. Hal tersebut akan terlaksana dengan adanya kerjasama dan kepedulian akan pentingnya pendidikan dalam kehidupan dan diharapkan mampu mengangkat citra pendidikan di setiap daerah.

Pendidikan yang kita kenal sekarang ini telah menjadi kebutuhan dasar setiap manusia karena pendidikan menjadi kemajuan untuk kemajuan sebuah bangsa.

Untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan maka dilakukan berbagai cara, di antaranya adalah melakukan diagnosis permasalahan. Dengan melihat kesalahan tentunya akan dengan mudah mencari penyelesaian. Usaha untuk meningkatkan tingkat dan mutu pendidikan menjadi sangat penting sebagai cara untuk menghadapi tantangan globalisasi yang terjadi.

Pada era teknologi sekarang ini, guru tidak hanya menjadi satu satunya sumber informasi bagi siswanya. Namun peran guru telah berubah dan berkembang menjadi seorang motivator, administrator dan falisilitator. Selain guru, siswa dapat mencari dan mendapatkan sumber materi dari berbagai media seperti internet. Namun pada kenyataan dalam keadaan seperti sekarang ini guru diharapkan dapat memberikan peran aktif karena pada kenyataan peran guru sebagai pendidik tidak dapat tergantikan. Untuk mencapai suatu tujuan dan peran tersebut maka perlu dilakukan peningkatan kualitas mengajar dan tentunya usaha-usaha yang jelas. Menciptakan usaha yang dapat meningkatkan kualitas pendidik pada kenyataan merupakan sebuah tantangan terbesar untuk pemerintah.

Peran pendidikan adalah melatih generasi penerus penddidik suatu bangsa agar menjadi individu yang lebih maju dan cakap. Tanpa dukungan kemajuan di bidang pendidikan mustahil untuk menciptakan kualitas generasi pendidik untuk memajukaan bangsa di masa depan. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat baik dalam hal ini terutama bagi generasi muda yang akan menentukan kemajuan suatu bangsa. Namun, mereka tidak bisa serta merta menjadi generasi berkualitas jika tidak diimbangi adanya pendidikan yang sepadan. Oleh karena itu pendidikan sangat berpengaruh dan termasuk aspek yang penting bagi generasi muda. Adapun pendidikan tidak hanya secara akademik saja, pendidikan keterampilan dan non-akademik juga berpengaruh dalam proses pemajuan kualitas bangsa.

#Berkarya

#Berbhakti

#Peduli

X