(Kegiatan Gebyar Virtusl PKHP di Kecamatan Tigaraksa (26/11)

(Kegiatan Gebyar Virtusl PKHP di Kecamatan Tigaraksa (26/11)TA – TIGARAKSA, PKBMHIMA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tangerang menyelenggarakan kegiatan Gebyar Virtual GP3M (Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri). Kegiatan ini dirangkai Unjuk Kerja Desa Vokasi dan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH-P) di Kabupaten Tangerang 2020, Kamis (26/11/2020).

Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang memberikan apresiasi atas karya olahan tangan perempuan dari berbagai PKBM di Kabupaten Tangerang.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibawah naungan Dirjen Dikdasmen Direktorat Dikmas dan Diksus. Kegiatan Gebyar GP3M yang berthemakan Kita Berdayakan Kualitas Hidup Perempuan Menuju Ekonomi Mandiri Tangerang Gemilang digelar di UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Disdik Desa Sodong Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang yang melibatkan 10 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan 1 SKB di Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Tangerang Drs H. Saifulloh MM menyampaikan, tujuan dari kegiatan Gebyar Virtual GP3M ini adalah memberikan pemahaman terhadap masalah perempuan; kesadaran, keserasian gender, peran serta dan lainnya.

“Dan membangun kesesuaian gender tersebut agar tidak salah orang menempatkan peran dari setiap masyarakat sesuai analisis. Saya berharap agar semua PKBM tetap semangat untuk berkreatif dan berinovasi meskipun saat ini sedang dalam pandemi virus Covid-19,” ujar Saifulloh dalam sambutannya.

(Kegiatan Gebyar Virtusl PKHP di Kecamatan Tigaraksa (26/11)

Keanggotan PKBM yang memiliki keahlian tertentu yang berbasis kearifan lokal, diantaranya PKBM Kronjo dengan keterampila pengolahan Ikan Asin, PKBM Himata Sindang Jaya keterampilan Sovenir boneka,  PKBM Melati produk keahlian hantaran pernikahan, PKBM Mekar Surya Insani Pakuhaji dengan keahlian  membuat maca-macam Kripik Pisang,  Sepatan PKBM Nurul Falah dengan otak-otak ikan,  PKBM Tunas Pantura dengan menjahit kain kesed,  Legok Hasanah Ilmu dengan keahlian olah Saos Sambel,  Mekar Baru BPI dengan potensi pengolahan aneka Telor asin,  PKBM Tan Malaka bisa membuat tas cantik dan Kosambi Alfa Omega membuat olahan keterampilan menjahit.

Kepala Bidang PAUD dan DIKMAS Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Bapak H.Dulhak mengatakan sesungguhnya kita memiliki perempuan-perempuan handal di tingkat Desa dengan kemandiriannya. Hal ini di buktikan bagaiman hasil kegiatan aneka ragam hasil olahan tangan perempuan-perempuan tersebut.

“Kita bisa lihat langsung hari ini, dimana perempuan desa dengan pendampingan yang simultan mampu menghasilkan kerajinan dan olahan makanan yang memiliki nilai ekonomi yang dapat membantu perekonomian keluarga, yang paling membanggakan adalah olah sentuhan tangan ini semuanya bernilai kearifan lokal Kabupaten Tangerang,” terang Mantan Kabid Kominfo ini, Rabu (26/11)

( Stand PKBM Himata Salah Satu Peserta Gebyar GP3M)

Dulhak menjelaskan gebyar ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada Kabupaten Tangerang sebagai salah satu wilayah yang terpilih untuk menggelar dan memaparkan hasil  olahan binaan dinas secara virtual. Diakui H. Dulhak seluruh peserta Gebyar yang datang  diwajibkan untuk menjaga protokol kesehatan dengan menjaga pola tiga M, mengenakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

“Dimasa Pandemi ini, sangat terpaksa  menyajikan hasil buah tangan para perempuan tersebut melalui virtual, hal ini semata-nata kita mencegah  sebaran Corona,” tutupnya. (Sonil)

X