Bapak Bayu Adhiyaksa, Kasi Pemerintahan Kecamatan Pasar Kemis sedang memberi arahan kepada kepala desa dan aparat desa sukamantri tentang verifikasi IDM Desa. Doc. desa by sonil

Pkbmhimata.id,- Verifikasi Lapangan Idm Di Desa Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis

Pemerintahan Kecamatan Pasar Kemis dan Pendamping Desa, Pendamping Desa Teknis, Pendamping Lokal Desa melakukan verifikasi lapangan Indeks Desa Membangun di Desa Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis, Rabu, (16/6/2020).

Kasi Pemerintahan Kecamatan Pasar Kemis, Bayu Adhiyaksa dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kehadiran dari Pemerintahan Kecamatan Pasar Kemis bersama PD, PDTI dan PLD di Desa Sukamantri untuk melakukan inputan data IDM tahun 2020.

Sebagaimana diketahui bahwa Indeks desa membangun adalah alat ukur yang dirancang oleh Kementerian Desa untuk mengetahui perkembangan suatu desa. Status Desa Sukamantri pada tahun sebelumnya sebagai desa maju, dan harapannya bisa menjadi desa mandiri.

Saat ini Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten, serta Pemerintah Kecamatan melakukan pemetaan kondisi desa melalui indeks desa membangun.

Bayu menambahkan, “Selain untuk pemetaan, juga untuk melihat potensi dan permasalahan yang ada di desa. Mengingat masing- masing desa memiliki kebutuhan dan karakteristik yg berbeda”. Ujarnya

Suasana rapat verifikasi input IDM yang dilakukan oleh tim kematan pasar kemis dan pendamping desa.doc.desa by sonil
Suasana rapat verifikasi input IDM yang dilakukan oleh tim kecamatan pasar kemis dan pendamping desa.doc.desa by sonil

Pendamping Lokal Desa, Nurul Fahmi menyampaikan, Desa jangan sampai beranggapan bahwa ketika desanya masuk kategori desa mandiri, Maka jangan beranggapan bahwa desanya tak lagi dapat bantuan dana desa.

Verifikasi IDM yang dilakukan merupakan bagian dari SOP Tahapan yang mewajibkan tim Kabupaten untuk melakukan validasi hasil inputan aparatur desa dan PLD.

Fahmi biasa di sapa menjelaskan, “Apabila Indikator yang bisa mensuport kenaikan IDM pada tahun ke depan, Agar dapat mengalokasikan program kegiatan dalam APBDES 2021 Sehingga saat inputan tahun depan bisa menaikan retting nilai yang agak kurang”. Jelasnya

Kegiatan ini di hadiri oleh Pemerintah Kecamatan dalam hal ini di wakili oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Pasar Kemis bapak Bayu Adhiyaksa beserta staf, Pendamping Desa, Pendamping Desa Teknis, Pendamping Lokal Desa, serta Pemerintah Desa Sukamantri, hadir Kepala Desa Sukamantri bapak H. Nana Ibnu Holdun beserta staf dan BPD, Jaro, RW, RT.(snl)

X